Harga Kambing Sapera – Kambing Perah Indonesia 2023 di bogor

Berapa banyak lari kambing Sapera? Harganya cukup murah jika dibandingkan dengan kelebihan dan kualitasnya. Namun sebelum itu, penting untuk mengetahui apa itu kambing Sapera dan apa saja manfaatnya, serta apa saja manfaat Sapera dalam membantu produksi susu di peternakan kambing.
Jika dilihat dari ciri fisiknya terlihat bahwa kambing tersebut memiliki warna yang putih dan bersih. Ada ras tertentu yang juga memiliki tanda hitam yang terlihat di sela-sela putihnya. Telinganya terkulai dan memanjang, seperti pada kambing etawa dan juga ras etawa (PE).
Berdasarkan pemanfaatannya, kambing Sapera mampu menghasilkan susu dalam jumlah besar. Dan kualitasnya terjamin 100%. Hal inilah yang membuat Sapera dikenal sebagai kambing perah. Namun, ukurannya cukup gemuk, sehingga penggunaan dagingnya bisa dilakukan.
Seiring berjalannya waktu, jenis kambing perah yang ada di Indonesia semakin bertambah dan berkembang. Mayoritas dari kita sudah terbiasa dengan kambing perah etawa ras etawa (PE), Saanen, Anglo Nubian, dan tentunya Sapera. Selain itu, banyaknya jenis kambing membuka kemungkinan terjadinya perkawinan silang dan persilangan untuk menghasilkan varietas yang lebih baik.
Apakah Anda tertarik untuk menambahkan Sapera premium dan kelas atas ke peternakan Anda? Informasi berikut akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang kambing Sapera. Kambing Sapera.
Kambing Sapera adalah Anda, Kenali Sapera Lebih Jauh
Harga kambing Sapera yang terjangkau membuat mereka mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas susu kambing yang dihasilkan di peternakan. Hal ini bukan tanpa alasan. Sapera merupakan salah satu kambing perah yang harganya paling murah namun memiliki gen yang unggul.
Kambing Sapera merupakan salah satu jenis kambing perah. Merupakan hasil persilangan antara kambing Saanen fullblood dengan kambing perah PE (jenis Etawa). Dilihat dari indukannya keduanya merupakan kambing perah yang kualitasnya hampir sama.
Saanen merupakan salah satu kambing perah berkualitas internasional. Kualitas genetiknya memang luar biasa unggul, namun harga Saanen darah lengkap asli masih cukup mahal. Sebaliknya, PE berbiaya rendah, namun kualitas genetiknya tidak sebaik Saanen.
Keturunan dari kedua ekor kambing perah tersebut adalah Sapera. Kambing Sapera mempunyai semua kelebihan yang dimiliki kambing Saanen. Harganya murah seperti PE. Harga kambing Sapera yang murah menjadi pilihan utama banyak peternak dan individu yang fokus pada produksi susu kambing.
Dilihat dari ciri fisiknya, untuk ciri fisiknya merupakan hasil campuran berupa Saanen dan PE. Tanduknya tumbuh seperti kambing Saanen, sedangkan telinganya terlipat ke bawah seperti PE. Warna dominan Sapera Sapera adalah putih bersih di sekujur tubuhnya, dengan rambut pendek. Tinggi badannya lebih tinggi dari PE dan lebih kecil dari Saanen.
Nah, itulah pengenalan awal untuk mengenal lebih jauh tentang kambing Sapera. Berikut ini kita akan mengupas tentang manfaat dan keistimewaan kambing Sapera yang merupakan salah satu kambing perah lokal terbaik kategori termurah.
Keunggulan Kambing Perah Sapera
Di Gibas Barokah Farm, Sapera mendapatkan pakan dengan kualitas terbaik. Mulai dari rumput hijau (rumput gajah) dan kacang-kacangan (kaliandra, indigofera, lamtoro) serta konsentrat, ampas tahu dan penyuplai kebutuhan mineral.
Jika Anda memberi makan dan merawat hewan Anda dengan baik, Sapera diproduksi dengan kualitas tinggi. Berikut ini daftar manfaat kambing Sapera. Kambing sapera jika perawatannya sangat baik.
1. Memiliki Kualitas Susu Unggul
Salah satu kelebihan dan keunggulan utama kambing Sapera adalah kualitas susunya yang tinggi. Susu kambing Sapera dapat digunakan karena berbagai alasan. Mulai dari bahan baku pembuatan keju, es krim, dan food blend hingga memberikan akses langsung kepada konsumen.
Selain itu susu kambing Sapera mempunyai keuntungan finansial bagi peternak. Kemampuan menyuplai kebutuhan susu sehari-hari bagi keluarga peternak. Juga bisnis penjualan susu sapi yang menguntungkan.
Susu tidak hanya tinggi nutrisi, rasanya juga enak, tidak berbau dan berbau segar. Ketika masa laktasi pertama selesai, dapat menghasilkan sekitar 2-3 liter untuk setiap ekor. Sedangkan pada masa laktasi kedua meningkat 3,5 hingga 4 Liter per ekor!
2. Mudah Berkembang Biak
Selain itu, kambing Sapera juga mudah diternakkan. Dalam waktu delapan bulan setelah melahirkan, jika sudah berumur dua tahun bisa melahirkan tiga kali. Umumnya mampu membuat lebih dari 1 ekor. Oleh karena itu, inilah suatu manfaat yang membawa banyak manfaat bagi para peternak kambing.
Biasanya para peternak akan menjual Anak Sapi Sapera jantan kepada ayam broiler sebagai kambing broiler. Ukuran kambing Sapera sangat besar dan mempunyai daging yang banyak meskipun termasuk kambing perah. Untuk bayi perempuan maka pergilah mencari susu.
3. Daya Tahan Yang Sangat Baik
Kambing Sapera juga mempunyai kekebalan yang luar biasa terhadap penyakit dan cuaca. Oleh karena itu kambing Sapera layak dibudidayakan Sapera di seluruh wilayah Indonesia. Dengan kata lain, merawat kambing ini tergolong mudah. Meski begitu, banyak hal seperti pakan bergizi yang cukup harus disediakan.
4. Postur tubuh lebih baik dari PE.
Akibat kelebihan tersebut SaperKambing jantan sangat cocok untuk diambil dagingnya. Hal ini karena mereka memiliki lebih banyak daging dan lebih tegak dibandingkan rekan-rekan perempuan mereka. ras etawa. Susu kambing Sapera
tina merupakan alternatif bagi yang alergi atau tidak mampu minum susu sapi, cocok untuk balita.
5. Harga kambing Sapera relatif terjangkau. Harga kambing Sapera terbilang terjangkau
Jika mempertimbangkan berbagai kelebihan di atas, mengingat banyaknya kelebihan yang ada, cukup setara dengan Saanen fullblood. Namun harga kambing ras Saanen masih mahal. Oleh karena itu Sapera menjadi alternatif yang paling cocok dan jauh lebih hemat. Harga kambing Sapera pun sesuai dengan nilainya. Domba Sapera sesuai dengan kualitas susunya. kambing.
Mutu dan Produktivitas Susu Kambing Sapera
Sapera produksi susu kambing periode pertama ini rata-rata 2 liter susu per hari untuk setiap ekor kambing. Selain itu, pada laktasi kedua bisa meningkat hingga 4 liter susu per ekor. Dengan demikian, produksi ASI Anda akan optimal bukan menjadi alasan untuk meragukannya. Jumlah ini hampir sama dengan kambing Saanen, dan pada tahap laktasi pertama, rata-rata terdapat 3,8 liter susu per ekor.
Sebab, kualitas susu sapi Sapera juga tinggi nutrisi. Kuantitas gizinya adalah protein dan lemak kambing, karbohidrat dalam kolesterol kambing, kalori Vitamin A Vitamin C, fosfor dan magnesium. Kalsium, magnesium, serta asam amino. Kandungan proteinnya sebesar 3,6 persen, sangat tinggi dibandingkan kambing perah pada umumnya.
Terlihat dari penjelasan di atas, terlihat bahwa rasa dan khasiat susu kambing Sapera sangat baik. Susu kambing sangat mudah dicerna oleh tubuh karena butiran lemak susu lebih kecil dan homogen. Membawa kambing Sapera ke peternakan akan meningkatkan efisiensi dan kualitas kambing kita.
Harga Kambing Sapera, Kambing Perah Cross Unggul
Kambing Sapera berasal dari persilangan antara kambing darah murni Saanen dengan ras Etawa (PE). Hasilnya memiliki genetika unggul yang berasal dari kambing Saanen yang semuanya berdarah. Pada akhirnya kambing Saanen berkembang menjadi salah satu kambing perah unggulan dengan kualitas internasional.
Kambing Sapera harganya murah, berbeda dengan kambing Saanen yang harganya mahal. Walaupun secara kualitas tidak sebanding dengan Saanen namun cukup untuk meningkatkan kualitas perawatan hewan tersebut. Berapa harga pasaran kambing Sapera di Indonesia?
Harga kambing Sapera betina dewasa yang sudah berumur minimal 1 tahun, harga pasarannya antara 4 – 6 jutaan. Dengan harga segitu, dimungkinkan untuk mendapatkan kambing yang berkualitas. Kambing yang berkualitas baik memberikan banyak keuntungan bagi ternak.
Anda bisa mendapatkan kambing Sapera dengan harga yang lebih murah. Namun harus dikompromi dengan umur anak kambing, misalnya anak kambing Sapera dan kambing Sapera sudah disapih (sekitar 3 bulan).